Di Australia 500 Wanita Korban Implan Payudara Bocor

Di Australia 500 Wanita Korban Implan Payudara BocorTemuan ini merupakan hasil investigasi TGA terhadap implan payudara produksi PIP, setelah sejak Februari lalu mereka menerima 39 laporan yang  mengkonfirmasikan kasus kebocoran implan PIP lain serta 2 kasus yang belum terkonfirmasi.

Di Australia 500 Wanita Korban Implan Payudara Bocor

Dengan temuan ini, total ada 490 orang wanita Australia yang menjadi korban implan payudara berkualitas buruk dari PIP. Sementara diseluruh dunia diperkirakan lebih dari 300 ribu  perempuan menggunakan Implan PIP. Pendiri dan  Pimpinan Eksekutif  PIP, Jean-Claude-Mas (73) telah mengakui kalau perusahaannya mengisi implan untuk payudara dengan resep buatan yang terdiri dari gel silicon kelas industri.

Laporan temuan terbaru TGA yang diterbitkan kemarin  itu turut memuat saran dari Komisi Sains untuk resiko kesehatan baru dan berkembang yang teridentifikasi, yang melakukan kajian atas kasus ini.

Komite itu mengatakan implan payudara yang sudah digunakan tidak bisa diangkat kecuali penggunanya sangat mengkhawatirkan implan PIP didalam tubuhnya.

Komite ini juga mengatakan sebelumnya pihaknya juga telah menerima laporan  kebocoran implan beberapa waktu setelah melakukan operasi dari merek lain.

Walaupun ada perbedaan dalam tingkat kebocoran, tapi sejauh ini tidak ada bukti yang dapat dipercaya bahwa implan PIP yang bocor itu bisa menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar daripada kebocoran silikon implan payudara dari produsen lain,”kata laporan komite.

“Saat ini belum ada data medis, dan toksikologi yang meyakinkan atau data lain untuk membolehkan pengangkatan kembali silikon implant PIP sebagai upaya pencegahan.

50% pengguna PIP implan-nya bocor

Kelompok aksi Malpraktek Medis berbasis di Sydney telah mengkampanyekan nasib korban implan berkualitas buruk dari PIP.  Pendirinya Lorraine Long mengatakan penyelidikan di Inggris mendapati implan PIP harus disingkirkan sebagai upaya preventif  untuk mencegah komplikasi yang bisa ditimbulkan  jika terjadi kebocoran.

Perempuan pengguna implant PIP juga menderita kemerah-merahan dan  kenyal di kulit, tumbuh jaringan granular. Angka kebocoran bahkan dilaporkan hingga mendekati 50% .

Long mengatakan rekomendasi TGA yang tidak menganjurkan operasi pengangkatan implant sebagai pencegahan sangat beresiko.

“Bahaya dari implant PIP ini adalah setelah terjadi kebocoran , sering kali  terlambat untuk menyingkirkan sisa-sisa silicon yang digunakan,” katanya.

“Gel silicon sub-standar seringkali diserap kedalam sistem hati dan kemudian masuk ke jaringan tisu di payudara mereka.

Perusahaan yang mendistribusikan implant PIP di Australia Medical Vision Australia, sudah dinyatakan bangkrut tahun lalu. |radioaustralia.net.au

Di Australia 500 Wanita Korban Implan Payudara Bocor | okeshared | 4.5