Manfaat Pendidikan Musik

Monday, March 4th, 2013 - Opini

Manfaat Pendidikan Musik Banyak manfaat yang bisa didapat dari pelajaran musik terkait dalam dunia pendidikan. Terlepas musik itu berakar dari budaya manapun hendaknya kita bukan lalu menampik begitu saja, kalau itu baik untuk kemajuan kualitas sumber daya manusianya, kenapa tidak dikembangkan. Karena pada dasarnya musik itu bersifat universal. Semua orang berhak menikmati bahkan kalau perlu ikut merasakan manfaat musik.Tulisan ini merupakan Sambungan. Pentingnya Musik dalam Dunia Pendidikan

Hongaria memiliki bapak pendidikan berjiwa nasionalis cukup tinggi seperti Ki Hadjar, ialah Zoltan Kodaly. Metode pendidikan musik Kodaly bertujuan untuk memajukan rakyatnya. Menurutnya, literatur musik dalam pendidikan adalah sesuatu yang bisa dinikmati banyak orang. Ia berpendapat dasar pendidikan dari pelajaran musik yakni bernyanyi dengan benar, tidak sumbang.

Selain sebagai bentuk pengajaran musik, metode Kodaly terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui nyanyian. Lebih dari itu, Howard Gardner (1983), seorang psikolog kognitif dari universitas Harvard yang berhasil mengembangkan teori kecerdasan jamak (multiple intelligence) berpendapat, inteligensi musik mungkin lebih banyak mengandung aspek emosi, spiritual dan budaya daripada inteligensi lainnya.

Tetapi yang terpenting musik dapat membantu sebagian orang untuk mengorganisir cara berpikir dan bekerja sehinggga membantu mereka berkembang dalam hal matematika, bahasa, dan kemampuan spasial. Tutur Gardner dengan nada penuh keyakinan. Pernyataan tersebut mungkin dapat mempertegas betapa berartinya peranan musik dalam dunia pendidikan.

Apalagi dalam perkembangan informasi mutakhir saat ini musik menempati salah satu ikon penting sebagai pengkonsumsian massa dalam peradaban dunia (selain film dan sepak bola). Dan dapat menjadi penyambung rasa antar berbagai negara, sebagai diplomasi dalam kebudayaan bangsa.

Oleh sebab itu hal yang bukan mustahil jika pemerintah pada sektor Pendidikan dan Kebudayaan bisa lebih memperhatikan. Guna membenahi pendidikan musik di negeri ini. Khususnya para pengembang kurikulum pelajaran seni musik di lini pendidikan dasar. Sebab tentunya kita dapat mengambil pelajaran dari negara-negara maju yang menempatkan kurikulum musik sejajar dengan disiplin ilmu yang lain.

Seperti misalnya: pendidikan, ilmu pengetahuan, seni berikut teknologi itu berjalan seiring dengan kehidupan musik mereka yang diterapkan dengan baik dan benar sejak pendidikan dasar. Dengan demikian harapan Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud. Mencetak generasi penerus yang unggul dan berkualitas. Bukan generasi snob yang mudah terbawa arus dari luar, dan gemar tawuran. Sekian.

Referensi Bacaan
Hardjana. Estetika Musik. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Tidak diperjual-belikan. 1983.

Djohan. Psikologi Musik. Buku Baik. Yogyakarta. 2003.

Sumarsam. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 2003.

Budiarto. Musik Modern dan Ideologi Pasar. Tarawang Press. Yogyakarta. 2001.

Incoming search terms:

  • peranan pendidikan seni musik
  • peranan dan manfaat seni musik

Advertisement
Manfaat Pendidikan Musik | okeshared | 4.5