Pola Baru Dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013

Friday, August 30th, 2013 - Berita Cpns

Pola Baru Dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013Dalam pelaksanaan seleksi ujian CPNS pada tahun 2013 ini pemerintah akan menerapkan beberapa pola baru yang dapat menunjang kelancaran pelaksanaan penerimaan tersebut. Dan apa pola baru dalam seleksi CPNS 2013 dibandingkan pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya? Mungkin dalam pelaksanaan seleksi ujian CPNS baru sangat perlu diketahui oleh seluruh calon peserta ujian CPNS tahun 2013 ini.

Dan salah satu yang perlu diketahui yaitu skema seleksi CPNS 2013. Pada penerimaan CPNS baru tahun 2013 ini, terdapat 5 skema seleksi CPNS yang perlu diketahui oleh seluruh peserta ujian, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Seleksi tenaga honorer kategori 2
  2. Seleksi pelamar umum
  3. Formasi khusus untuk dokter
  4. Seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS
  5. Seleksi calon siswa ikatan dinas

Untuk pelaksanaan ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan diberlakukan untuk calon mahasiswa sekolah kedinasan, misalnya calon praja STPN/IPDN serta untuk lulusan STAN pada tahun 2012. Tergolong dari mereka akan dipastikan untuk mengikuti serangkaian ujian TKD yang diberlakukan untuk menjadi syarat CPNS.

Dari ke-lima sistem tersebut, pelaksanaan seleksi ujian golongan tenaga honorer K2 akan mendapatkan perhatian yang cukup ekstra dari sejumlah peserta.

Selain ke-5 skema pelaksanaan seleksi CPNS, juga akan diterapkan pula 2 metode untuk menghadapi ujian CPNS tahun 2013 ini. Dan ke-2 sistem tersebut yaitu dengan menerapkan sistem Computer Assested Test (CAT), juga dngan menerapkan sistem Lembar Jawab Komputer (LJK). Ke-2 sistem tersebut akan digunakan dalam proses ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) serta Tes Kompetensi Bidang (TKB) dalam pelaksanaan ujian CPNS pada tahun 2013 ini.

Untuk sejumlah instansi yang akan melaksanakan seleksi dengan menerapkan CAT, sesuai agenda pelaksanaannya akan digelar pada tanggal 29 September. Yang akan melaksanakan ujian dengan menerapkan CAT ada sebanyak 19 Kementrian serta Lembaga yang telah melakukan pendaftaran untuk meminta BKN agar dapat memberi fasilitas dalam pelaksanaan tes ujian CPNS tahun 2013 dengan CAT tersebut.

Dan untuk sejumlah instansi yang akan melaksanakan ujian dengan menggunakan sistem LJK, sesuai agenda yang telah diatur akan digelar pada tanggal 3 November tahun 2013, baik bagi pelamar umum maupun bagi golongan tenaga honorer K2.

Advertisement
Pola Baru Dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013 | okeshared | 4.5