PON 2012 Riau-PB PON Sebar Api PON di 12 Kabupaten/Kota

Friday, September 7th, 2012 - Sport
PON 2012 Riau PB PON Sebar Api PON di 12 Kabupaten/Kota
LOGO PON

Riau menyebar api PON XVIII/2012 ke 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau demi menggelora kan penyelenggaraan ajang multieventnasional tersebut ke seluruh masyarakat jelang upacara pembukaan pada 11 September.

Pengambilan api PON tersebut dilakukan di sumber api yang merupakan sumur eksploitasi minyak pertama di Riau. Dari sana api PON disebar ke 12 obor untuk dikirab ke kabupaten/kota dan satu obor utama untuk disemayamkan di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru. Penyambutan obor api utama tersebut dilakukan Wakil Gubernur Riau Mambang Mit. “Obor api PON disebar ke 12 kabupaten/kota,sementara satu obor utama disemayamkan di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru.

Tujuan agenda kegiatan ini tentu saja untuk menggelorakan semangat PON di seluruh daerah, ”kata Mambang,dilansir Antara. Mambang mengatakan,api obor utama akan disemayamkan di Kantor Gubernur hingga 11 September mendatang,tepatnya saat pembukaan resmi PON XVIII.Obor api utama diletakkan di tangan kanan patung maskot PON XVIII Riau,yang burung serindit.Rencananya,pembukaan PON akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ketua Subbidang Api PON Riau Marwan mengatakan,masyarakat sangat antusias menyambut kirab obor api PON di Kota Pekanbaru.Akibatnya,iring-iringan mobil pembawa obor sempat tersendat di Jembatan Siak III karena padatnya para warga yang menyaksikan kirab dari sisi jalan. “Kami sangat bersyukur,warga menyambut antusias pembawaan api PON tersebut,”sebut Marwan.

Marwan mengatakan,obor api utama tersebut nantinya akan diarak ke Stadion Utama Riau pada pembukaan PON XVIII, 11 September mendatang.Api itu akan disulut ke kalderon di stadion yang menandakan PON dibuka secara resmi. Sementara 12 obor lainnya akan dikirab berkeliling daerah hingga ke perkampungan. Rencananya,pada saat pembukaan PON nanti,seluruh obor yang ada juga akan disulutkan ke sebuah tungku yang ada di setiap 12 kabupaten/kota

seputar-indonesia.com

Advertisement
PON 2012 Riau-PB PON Sebar Api PON di 12 Kabupaten/Kota | okeshared | 4.5