iPhone 13 Dirilis : Ini Adalah Empat Model iPhone Terbaru

image source : tekno.kompas.com
Pada acara September lalu, Apple menghadirkan empat iPhone baru: iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Di sini Anda dapat mengetahui apa yang dapat dilakukan model-model baru ini.

Pada acara musim gugur yang besar di bawah moto “California Streaming”, Apple menghadirkan empat model iPhone barunya . iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max sangat didasarkan pada model sebelumnya. Tapi Apple telah melangkah jauh pada sektor kamera.

Namun, secara visual, Anda harus melihat lebih dekat untuk mengenali iPhone baru. Setelah Apple berani mendesain ulang untuk pertama kalinya sejak iPhone X tahun lalu, tampilan sudut dari pendahulunya yang sangat sukses ini tentu saja dipertahankan tahun ini. Ukurannya juga tetap sama. Mini juga memiliki diagonal layar 5,4 inci, model Standar dan Pro 6,1 inci, dan Max Pro 6,7 inci. Model-model baru dapat dikenali dengan dua detail: Di satu sisi ada reses kamera di layar, yang disebut takik, yang tidak hilang tetapi tampak menyusut pada model Pro. Di sisi lain, tonjolan kamera di bagian belakang telah membesar untuk memberi ruang bagi lensa yang lebih besar. 

image source : tekno.kompas.com

Apple bergantung sepenuhnya pada kamera

Mungkin inovasi terpenting dapat ditemukan di semua model: Seperti yang sering terjadi ketika desain tidak berubah, Apple terutama mengandalkan kamera untuk meyakinkan pelanggannya. Ini seharusnya dilakukan dengan beberapa cara. Di sisi lain, Apple kini menghadirkan stabilisasi gambar yang ditingkatkan, yang sebelumnya hanya ditemukan di iPhone 12 Max Pro, dengan nama Sensor Shift ke model lainnya. Selain itu, kamera sudut ultra lebar telah direvisi dan sekarang seharusnya memberikan gambar yang lebih baik di semua model bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk. 

Ada juga inovasi untuk videografer. Fungsi potret Apple yang kuat sekarang juga dapat digunakan dalam perekaman video. Dengan berbagai perhitungan ulang, Apple kini juga ingin meningkatkan kualitas gambar video, seperti yang sudah diketahui dari mode ProRes untuk foto. Dan: Dengan gaya foto, Anda akhirnya dapat menentukan sendiri tampilan gambar yang diinginkan, kamera kemudian menerapkannya secara otomatis. Seberapa baik ini bekerja hanya dapat ditunjukkan dengan tes terperinci.

Dalam model Pro, Apple menggunakan sensor yang lebih besar untuk menyederhanakan lebih banyak cahaya dan detail. Zoom ditingkatkan menjadi tiga kali perbesaran. Pabrikan lain menawarkan sepuluh kali lebih banyak, tetapi itu masih cukup untuk sebagian besar pengguna. Kuat: Untuk pertama kalinya, mode malam didukung untuk semua lensa termasuk lensa tele.

Lebih cepat, lebih baik, lebih lama

Banyak fitur kamera yang ditambah seperti yang diharapkan, Apple juga telah meningkatkan prosesor. A15 tentu saja lebih cepat dari pendahulunya, Apple sekali lagi menetapkan standar baru. Meskipun chip lama sudah cukup cepat untuk setiap aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, ini memiliki kelebihan: Perhitungan langsung video dan foto pada model baru mungkin tidak bisa dilakukan pada smartphone lain di pasaran.

Dalam hal lain juga, iPhone secara teknis mengesankan. Khususnya dengan model Pro, Apple telah melakukan segalanya: Dengan tipe layar XDR baru, kecepatan bingkai telah ditingkatkan menjadi 120 Hertz. Namun, jika konten yang lebih tenang ditampilkan, konten tersebut diturunkan untuk menghemat listrik. Teknologi yang dibaptis oleh Apple Promotion telah membuat pengguliran semulus mentega di smartphone top lainnya, sudah waktunya bagi Apple untuk mengikutinya. Apalagi iPad Pro sudah menawarkan fungsi tersebut.

iPhone: harga dan ketersediaan

Mulai Jumat, 17 September pukul 2 siang, Apple merilis pre-order untuk semua model; penjualan resmi dimulai satu minggu kemudian pada 24 September.

Ketika berbicara soal harga, Apple tetap berpegang pada pendahulunya: 

  • iPhone 13 Mini: 13 jt
  • iPhone 13: mulai dari 14.5 jt
  • iPhone 13 Pro: mulai 19 jt
  • iPhone 13 Pro Max: mulai 20 jt

Leave a Reply

Your email address will not be published.