Mewarnai Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental, Berikut Lima Manfaatnya Untuk Orang Dewasa

  • Whatsapp

Buku mewarnai bermanfaat tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa. Para peneliti dan terapis seni menyebutkan manfaat menenangkan dari mewarnai gambar.


Para peneliti di Universitas Johns Hopkins juga menyarankan mewarnai daripada meditasi.

Menurut American Association of Art Therapy, terapi seni mengeksplorasi emosi, mendamaikan konflik emosional, meningkatkan kesadaran diri, mengendalikan perilaku dan kecanduan, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan orientasi realitas, dan terapi kesehatan mental dengan menciptakan dan menciptakan karya seni yang mengurangi kecemasan.

Pada dasarnya, terapi yang dilaporkan CNN ini mirip dengan terapi kesehatan mental, tetapi tidak begitu bagus. Namun, mewarnai tidak selalu berarti terapi seni.

Marygrace Berberian, terapis seni bersertifikat dan asisten profesor klinis dan koordinator program untuk Program Terapi Seni Sekolah Pascasarjana NYU, mengatakan bahwa jika ada hubungan antara klien dan terapis.

Terapi Seni: Menurut Journal of American Art Therapy Association, terapi seni pertama kali dipraktikkan pada tahun 1940-an, dan penelitian pertama tentang mewarnai sebagai terapi seni dimulai pada pertengahan 1990-an.

Seperti dilansir thehealthy.com, kegiatan mewarnai menawarkan banyak manfaat bagi orang dewasa.

1. Mengurangi rasa sakit dan kecemasan

Sebuah studi tahun 2018 dalam jurnal The Arts in Psychotherapy mengulas pengalaman 200 orang yang dirawat di rumah sakit karena masalah medis atau pembedahan. Para peneliti telah menemukan bahwa rata-rata 50 menit terapi seni secara signifikan meningkatkan suasana hati, tingkat rasa sakit, dan kecemasan.
Jika Anda memiliki rasa sakit atau kecemasan ringan, satu jam mewarnai akan membuat Anda merasa lebih baik dan tenang. Namun, hati-hati dengan terapi seni tanpa terapis profesional.

2. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata

Bermain di ponsel, tablet, atau laptop sebelum tidur membuat Anda terpapar cahaya biru dari perangkat elektronik yang memengaruhi pola tidur Anda. Dalam sebuah studi tahun 2016 di JAMA Pediatrics, para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang menggunakan perangkat elektronik di malam hari lebih sulit tidur dan kurang tidur.

Karena warna mempengaruhi tidur, tidur mengatur pola tidur dan memperkuat memori. Bahkan jika Anda menggunakan peralatan listrik, Anda akan tetap mengantuk setelah bangun untuk waktu yang lama. Jadi ganti aktivitas gadget malam hari dengan mewarnai.

3. Membantu menjaga kelincahan

Mewarnai juga membantu menjaga kelincahan, tetapi ini menurun seiring bertambahnya usia. Anda juga dapat membuat kegiatan sosial yang melibatkan orang-orang seusia Anda dalam kegiatan mewarnai. Orang dengan ikatan sosial yang kuat akan memiliki kebahagiaan dan kesehatan yang lebih besar sepanjang hidup mereka.

4. Membantu menenangkan pikiran

Gerakan dasar berulang seperti mewarnai termasuk bagian dari korteks serebral, dan amigdala adalah pusat ketakutan dan relaksasi otak yang dapat mempengaruhi pilihan warna seseorang. Sebuah studi tahun 2015 oleh majalah Psychology Frontier menemukan bahwa warna dingin seperti biru dan hijau dapat membangkitkan ketenangan. Meski warna hangat seperti merah dan oranye bisa memberi energi.

5. Mewarnai bisa membuatmu menjadi pekerja

Sebuah studi tahun 2019 di Frontier of Neural Circuits menunjukkan bahwa mengekspresikan pikiran kreatif dan diri sendiri adalah kunci kesuksesan dan kemajuan dalam banyak aspek kehidupan, termasuk profesional, pribadi, dan sosial.

Dalam hal ini, aktivitas mewarnai tidak hanya menghilangkan stres, tetapi juga membantu meningkatkan kreativitas dan mengekspresikan diri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *