Teknik Dasar Cara Menggambar

Bagaimana Anda bisa belajar menggambar dengan cepat dan mudah? Bagaimana Anda mulai menggambar? Inilah tepatnya seri kecil yang akan saya mulai di sini. Saya akan menyarankan melukis dan menggambar secara paralel. Secara kasar disederhanakan: Menggambar adalah tentang garis dan chiaroscuro, sedangkan melukis adalah tentang warna dan permukaan. Sebuah gambar tidak jarang menjadi dasar dari sebuah gambar yang dilukis, dan di sisi lain Anda akan menghadapi pertanyaan dan masalah saat melukis yang dapat diklarifikasi lebih mudah dalam sebuah gambar. Saya sekarang telah menerbitkan sejumlah artikel tentang “Belajar Menggambar” yang gratis untuk dibaca. Tetapi sementara itu saya telah menggabungkan semuanya lagi dalam sebuah buku dan meringkasnya dengan cara yang terstruktur dengan jelas.

Dasar-dasar menggambar

Mari kita mulai dengan materi. Menggambar harus sesederhana dan semurah mungkin. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki keraguan tentang bereksperimen. Siapa pun yang takut melakukan kesalahan – misalnya karena kertasnya sangat mahal – terhambat saat menggambar. Tetapi jangan khawatir: menggambar biasanya sangat murah dibandingkan dengan melukis.

Kertas gambar

Oleh karena itu: gunakanlah kertas gambar sederhana, tidak terlalu kecil. Saya akan merekomendasikan untuk tidak menggunakan kertas printer. Lebih baik dapatkan papan gambar DinA3 atau DinA4. Penting, terutama di awal, tidak hanya menggambar dengan tangan Anda, tetapi dengan seluruh lengan Anda. Untuk memulai, dapatkan selembar kertas yang tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Saya akan merekomendasikan memilih berat kertas 120-190 gram / m² (tergantung pada apa yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah di daerah Anda). Saya telah menggambar di kertas sketsa Hahnemühle selama bertahun-tahun. Itu 190 g / m², jadi cukup berat. Keuntungannya: stabil dan tidak mudah kusut. Dalam daftar ini Anda akan menemukan beberapa blok kertas gambar dalam berbagai ukuran (untuk perbandingan harga). Kertas yang lebih murah, misalnya dari folia Bringmann, dengan ukuran 120 g / m² juga cocok untuk pemula .

Pensil / krayon

Yang terbaik untuk pemula adalah pensilSaya secara sadar menyebutkan bentuk jamaknya: terutama di awal Anda harus mencoba berbagai tingkat kekerasan pensil. Latar Belakang: Pensil memiliki tingkat kekerasan. Nama-nama dijalankan dari H9 (sangat keras) melalui HB (sedang) hingga B9 (sangat lunak). Setiap jenis pensil menawarkan pilihan gambar yang berbeda. Untuk menentukan jenis pensil mana yang terbaik untuk Anda, saya sarankan memulai dengan pensil berikut:

  • H3 (timbal keras, abu-abu keperakan, hampir tidak ada abrasi, mudah ditekan ke kertas)
  • HB (timbal keras sedang, abu-abu tua, standar, misalnya cocok untuk menulis)
  • B5 (timbal lunak, hitam, abrasi kuat, mudah luntur)

Anda bisa mendapatkannya dari dealer spesialis. Jika pena yang disebutkan tidak ada, Anda juga dapat menggunakan pena yang serupa (misalnya, B4, bukan B5). Jika Anda ingin memiliki satu set pensil untuk memulai sehingga Anda dapat mencoba berbagai tingkat kekerasan, Anda akan menemukan pensil artis yang bagus dari Faber-Castell (9000) di Amazon.

Omong-omong: Saya selalu merekomendasikan untuk membeli bahan langsung dari toko perlengkapan seni. Setidaknya di kota-kota besar ada. Tetapi jika Anda sudah tahu apa yang Anda inginkan, internet tentu juga menawarkan kesempatan untuk memesan produk yang bagus dan mengirimkannya ke rumah Anda. Tentang pensil: Saya hampir secara eksklusif menggunakan HB hingga B4 dari Faber-Castell dan saya sangat puas dengannya. Di sini Anda akan menemukan beberapa set pensil untuk pemula, di mana tingkat kekerasan yang berbeda disertakan.

Penghapus, rautan, penggaris, kompas dll…

Anda harus menyiapkan penghapus yang sesuai. Dapatkan penghapus sederhana, tidak terlalu keras sehingga Anda dapat memperbaiki gambar nanti jika perlu. Sebuah rautan yang cocok tentu saja juga diperlukan. Jika Anda tidak ingin menajamkan pensil dengan pisau pemotong (untuk alasan yang baik), Anda akan menemukan rautan di sini, terutama yang praktis).

Penggaris, kompas, dan keributan lainnya tidak penting di awal. Belajar menggambar berarti pertama-tama merasakan bahan dan tangan yang menggambar. Pada langkah kedua Anda kemudian dapat memikirkan apa yang ingin Anda gambar, dan hanya dengan begitu penggunaan alat bantu lain dapat membuat menggambar lebih mudah.

Tandai meja kerja / siang hari

Juru gambar profesional biasanya memiliki meja gambar khusus yang dapat dilipat. Alasannya sederhana: itu menghilangkan beban Anda. Jadi Anda bisa menggambar dalam posisi hampir tegak. Tentu saja, ini tidak perlu di awal: temukan meja yang agak kosong. Pencahayaan yang baik itu penting. Karena jika Anda tidak melihat dengan jelas apa yang Anda gambar, Anda juga tidak bisa benar-benar mempelajarinya. Meja dengan pencahayaan siang hari adalah yang terbaik. Ini optimal jika cahaya datang dari sisi yang tidak Anda gambar. Jadi: untuk tangan kanan, cahaya harus datang dari sisi kiri.

Kedengarannya agak rumit, tapi… Khusus untuk pemula yang ingin belajar menggambar, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk latihan pertama mereka. Jika Anda baru mulai menggambar seperti itu, oops, Anda dengan cepat kehilangan keseriusan dan kemudian keinginan untuk menggambar. Nikmati persiapan dan pastikan kondisi kerja yang optimal. Itu membebaskan dan membantu.

Belajar menggambar – langkah pertama

Mulailah latihan menggambar pertama Anda dengan menjelajahi materi. Anda dapat dan harus “mengacaukan” kertas itu. pertama menggambar hanya garis longgar, busur dan kurva. Tekan sangat keras dengan semua jenis pensil, dan sekali lagi hanya dengan sangat lembut. Anda akan melihat bagaimana pensil berbeda satu sama lain. Bagaimana cara pensil dan kertas bekerja sama? Apa dampak yang mereka miliki?

Gambarlah area hitam

Selanjutnya, cobalah menggambar area hitam pekat. Anda akan melihat bahwa ini hampir tidak mungkin dilakukan dengan pensil keras. Inilah tepatnya yang Anda miliki untuk pensil lembut. Kemudian gambar lingkaran ke kiri di atas area hitam ini. Anda akan melihat bahwa tumit tangan Anda mengaburkan hitam pekat.

Tips : gunakan “backing sheet”: siapkan kertas ekstra (misalnya kertas printer). Tempatkan lembaran ini di bawah telapak tangan Anda saat Anda mengerjakan permukaan hitam pekat.

lingkaran

Ini adalah praktik yang baik untuk menggambar lingkaran. Karena membuat lingkaran sangat berat. Jangan kecewa jika gagal. Butuh latihan bertahun-tahun untuk bisa menggambar lingkaran yang bagus dengan tangan kosong. Cobalah ukuran yang berbeda: lingkaran seukuran koin, satu seukuran piring, dan satu seukuran selembar kertas. Anda akan menemukan bahwa ini adalah tiga tantangan yang sangat berbeda. Pengalaman ini sangat penting ketika belajar menggambar.

Anda juga dapat belajar banyak tentang berbagai tingkat kekerasan pensil dengan menggambar dan mengisi lingkaran. Semakin lembut pena (misalnya B4), semakin gelap permukaannya – dan semakin sedikit tekanan yang harus Anda lakukan untuk menghitamkan permukaan.

Gambarlah dengan tangan dan lenganmu

Anda menggambar dengan tangan dan dengan lengan Anda. Itu sebabnya lembarannya tidak boleh terlalu kecil, terutama saat belajar. Lingkaran yang sangat kecil hampir selalu digambar dengan jari, yang berukuran sedang dengan tangan, dan yang besar dengan lengan. Banyak pemula membuat kesalahan dengan hanya berlatih gerakan pergelangan tangan. Juga menggambar dari seluruh lengan: siku ke atas – mungkin sambil berdiri!?

Ulangi latihan dengan bentuk abstrak yang berbeda: kotak, segitiga, oval, spiral, dll. Dan jangan terlalu spesifik – itu seharusnya menyenangkan …

Kesimpulan bagian 1: Belajar menggambar = materi pengalaman

Ketika Anda mengatakan: “ Saya tidak ingin mengolesi bentuk abstrak di atas kertas! “, Maka Anda telah memahami bahwa Anda tidak menggambar, tetapi Anda sedang ” belajar menggambar “. Itu perbedaan besar. Terutama sebagai pemula, Anda harus mulai dengan sederhana dan terus maju. Bagian pertama ini terutama tentang mengenal materi. Jika Anda ingin menggunakan pena atau wadah gambar lain, pada dasarnya sama saja. Sebelum Anda mulai membuat ” gambar nyata ” Anda harus mengenal bahan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.